20 Mei 2010

Menghemat Energi Baterai Notebook


Memilih untuk menggunakan notebook, sebenarnya sudah merupakan langkah awal menghemat energi dikala berkomputer. Perangkat ini pada dasarnya memang didesain supaya enggak gampang panas dan bisa dioperasikan memakai baterai. Solusi ideal bagi kamu yang paranoid dengan pemadaman listrik bergilir.

Tapi, kalau enggak puas sampai disitu saja dan kepingin lebih hemat lagi dalam memanfaatkan energi, kamu bisa mengoptimalkan notebook yang kamu pakai upaya lebih irit energi baterai, jadi enggak sering-sering disambungkan ke catuan daya listrik. Caranya? Praktekkan saja beberapa tips berikut.

Atur Manajemen daya

Memanfaatkan fitur manajemen daya yang disediakan oleh sistem operasi kamu. Bagi pengguna Windows, coba klik Control Panel, lalu cari opsi Power Options(untuk Windows XP) atau Mobile PC (untuk Vista ) silahkan atur apakah, misalnya, kamu ingin si layar notebook menjadi gelap jika tidak ada aktivitas selama 5 menit, atau masuk ke mode sleep apabila sudah idle lebih dari 10 menit.

Bikin hemat performa CPU.

kecuali memang sangat membutuhkan performa maksimal dalam berkomputer, pertimbangkan untuk menghemat daya pemroses CPU Kamu. Caranya, bagi pengguna Windows Vista, masuk ke Control Panel, pilih Power Options, lalu klik Power Saver. Opsi ini dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai ketika si notebook sedang tidak di colok ke catuan daya listrik.

Atur LCD Makin Redup

Backlight LCD adalah pemakan daya yang sangat rakus. Jadi turunkanlah tingkat kecerahannya hingga level terendah yang masih bisa kamu toleransi.
Tiadakan yang enggak penting
Jarang memakai fitur Wifi atau Bluetooth, matikan saja supaya mereka enggak lagi mencoba mencari-cari koneksi yang ujung-ujungnya boros energi.
Colok yang perlu saja.
Boleh saja punya banyak perangkat yang ber-USB, tapi enggak perlu kamu colok semuanya kalau sedang tidak dibutuhkan.

Kurangi pemakaian Drive

Punya banyak koleksi CD. Ingatlah bahwa menikmati kontentnya dengan memutar kepingnya di notebook akan menyebabkan harddrive berputar yang berarti makan daya. Hindarilah kebiasaan ini dengan mengkopi nya dulu ke sistem, baru di setel.

Upgrade Memori sistem

Semua data yang digunakan CPU akan disimpan oleh komputer di memori sistem atau sebagai memori virtual sistem atau sebagai memori virtual di hard drive. Nah jika memori sistem ini dinaikkan, kebutuhan sistem akan hard drive yang memerlukan energi lebih banyak ketimbang memori sistem bisa dikurangi.

Hindari aplikasi Grafis.

Enggak heran, karena sistem notebook akan menggunakan setting berforma tiggi ketika menjalankan aplikasi semacam aplikasi grafis. Sehingga energi bateray bisa habis dengan cepat.

Pakai SSD
Tidak seperti hard disk drive yang memiliki pelat berputar, Solid State Drive (SSD) tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga lebih efisien dan lebih sedikit menyebabkan panas/suara karena jarang menjalankan kipas pendingin.

Defrag hardisk secara rutin

Buatlah hard drive kamu bekerja seefisien mungkin dengan menjalankan defrag secara berkala. Tapi sebelum memulai, pastikan kamu sudah mencolok notebook ke catuan daya listrik.
Sekian sedikit tips untuk supaya Notebook kamu lebih Irit Energi Baterai.

Jika ada yang mau menambahkan silahkan isi pada kolom komentar dibawah.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Link Download

Apa Itu link download ? Link download adalah seuatu teks atau gambar yang bisa di klik untuk mengarahkan link ke sebuah hosting untuk mendownload sebuah file . Bagaimana Cara membuatnya ? caranya begini Copy kode berikut lalu paste di blog kalian :
http://www.klinik-it.blogspot.com">Download

Keterangan : Teks yang berwarna biru adalah Link tujuan ketika teks Yang berwarna Merah Di Klik . Teks Yang Berwarna merah juga Bisa anda ganti Dengan kata lain misalnya saja "Klik Disini"Ataupun yang lainya !

Ada banyak Fariasi untuk membuat link download,diantarannya dengan cara membuat linknya berhuruf besar,Miring tebal atau dengan menggunakan gambar . Contohnya sebagaiberikut :

Copy paste kode berikut untuk membuat teks link download menjadi tebal :
Download

Untuk membuat teks tersebut miring silakan ganti kode dan Dengan dan .

Dan untuk membuat link tersebut Berukuran kecil sampe besar ganti kode yang saya hijaukan dengan kode

dan

. ganti angka tersebut dengan angka 1 - 6 jika ingin menyesuaikan ukuran besar link .

Cara Selanjutnya adalah membuat link download dengan gambar/ikon
Caranya copy paste kode berikut ke blog anda :

http://www.klinik-it.blogspot.com" title="Download">download[4]

Hasilnya adalah sebagi berikut :



Keterangan Ganti Link yang berwarna biru dengan Full link Hosting tujuan anda .

Selamat Mencoba ..........?